Gerrard: Legenda Abadi di Lapangan Hijau

Stephen George. Gerrard, MBE (Bahasa Inggris: Steven George Gerrard, 30 Mei 1980 -), adalah seorang pelatih sepak bola Inggris dan mantan pemain sepak bola profesional yang menjabat sebagai gelandang tujuh belas tahun. Dia adalah salah satu legenda Liverpool dan dikenal sebagai “Kapten Fantastis”. Dia juga mantan kapten tim sepak bola Inggris. Dia saat ini menjadi pelatih kepala klub Liga Sepak Bola Profesional Saudi Ittifaq. Dia pernah bermain untuk klub Liga Premier Liverpool dan klub MLS Los Angeles Galaxy, dan dianugerahi Order of the British Empire. Salah satu superstar Inggris terbaik di dunia sepakbola.

Pada tahun 1998, Gerrard, sebagai pemain muda yang luar biasa, secara resmi dipromosikan ke tim utama oleh Liverpool dan menjadi starter dengan penampilannya yang luar biasa. Pada tahun 2001, Gerrard membantu Liverpool memenangkan Piala Liga Inggris, Piala FA Inggris, Piala UEFA, Piala Super Eropa, dan Perisai Amal Inggris. Pada tahun 2005, ia juga memimpin tim untuk memenangkan kejuaraan Liga Champions UEFA.

Pada 24 November 2016, Gerrard mengumumkan pengunduran dirinya, mengakhiri 19 tahun karirnya sebagai pemain profesional. Pada tahun 2017, ia kembali ke Liverpool sebagai pelatih tim yunior dan memulai karir kepelatihannya.

Gerrard adalah gelandang serba bisa dengan kemampuan menembak dan assist yang sangat baik serta kekuatan fisik yang tinggi. Kemampuan menembak jarak jauhnya ketika ia masih muda sangat mencengangkan.

kehidupan pribadi
Gerrard dibesarkan di Whiston, Merseyside, dan bersekolah di Sekolah Kardinal Heenan di West Derby, Liverpool, tetapi dia mengatakan hasilnya tidak bagus. Dan dia telah menjadi penggemar Liverpool sejak dia masih kecil.

Selain itu, sepupunya Anthony Gerrard juga merupakan pemain sepak bola profesional. Ia memulai karir sepak bolanya sebagai bek di rival Everton di kota yang sama. Dia sekarang menjadi pemain untuk klub League One Oldham.

Baca Selengkapnya:  Chelsea VS Manchester United Live: Pertarungan Demi Kemuliaan, Siapa yang Bisa Menjadi Puncak

Stephen menikah dengan model Karen, juga dari Merseyside. Mereka bertemu pada tahun 2002, bertunangan pada tahun 2004, dan akhirnya menikah pada bulan Juni 2007. Mereka kini memiliki tiga orang putri bernama Lilly-Ella (lahir 23 Februari 2004), Lexie (lahir 9 Mei 2006) dan Lourdes (lahir 2 November 2011), dan seorang putra bernama Lio (lahir 29 April 2017). Gerrard masuk dalam Daftar Penghargaan Tahun Baru Ratu 2007 dan dianugerahi Penghargaan Anggota Order of the Merit (MBE).

karier
menjabat sebagai kapten
musim 2003–04

Gerrard menyaksikan rekan satu tim dan lawannya berdebat di area penalti
Pada awal Oktober 2003, Gerrard ditunjuk menggantikan Hyypia sebagai kapten baru Liverpool. Pelatih kepala Houllier saat itu berharap agar ia bisa menularkan semangat gigihnya kepada rekan satu timnya dan meningkatkan performa mereka, serta berharap ia bisa memperbaiki kebiasaan buruknya yang sering melakukan pelanggaran. Alhasil, ia hanya mendapat dua kartu penalti sepanjang musim. Mantan pemain Liverpool, Owen, dalam otobiografinya mengatakan ia merasa lega ketika Gerrard ditunjuk sebagai kapten karena hal itu menghilangkan banyak tekanan darinya. Gerrard juga menandatangani kontrak baru berdurasi empat tahun dengan gaji mingguan sebesar 60.000 pound.

Meski performa Gerrard sebagai kapten ideal, namun performa tim di bawah asuhan Houllier masih kurang bagus. Minimnya raihan trofi sepanjang tahun membuatnya merasa pesimis dan ingin hengkang dari Anfield untuk menunjukkan potensinya. Musim ini mereka baru bisa memastikan lolos ke Liga Europa di hari terakhir musim tersebut. Manajemen Liverpool memutuskan memecat Houllier. Saat ini, banyak media yang meyakini ia akan meninggalkan Liverpool, namun pelatih kepala yang baru diangkat Benitez bersikeras ingin Gerrard bertahan dan melihat kemampuannya.
Memenangkan Liga Champions
musim 2004–05
Dia cedera saat melawan Manchester United pada 20 September 2004, dan tidak bisa bermain lagi bersama tim utama hingga akhir November. Pada tanggal 8 Desember, dalam pertandingan Liga Champions UEFA melawan Olympiacos dari Yunani, Gerrard mencetak gol penting dari jarak 25 yard. Liverpool perlu “menang” dengan selisih dua gol dalam pertandingan ini untuk melaju ke 16 besar. Namun mereka tertinggal 0-1 di babak pertama, dan kemudian tim memulihkan dua gol di babak kedua. Akhirnya, Gerrard mencetak tembakan dari jarak 25 yard sebelum pertandingan berakhir dan menjadi “penyelamat” tim dan memimpin tim. . Maju ke 16 besar dan mulai perjalanan “Tentara Merah” menuju kejuaraan Liga Europa.
Karier kepelatihan
Tim Muda Liverpool
Pada Januari 2017, Gerrard kembali ke klub asalnya Liverpool sebagai pelatih tim yunior. Pada bulan April tahun yang sama, Gerrard menjadi pelatih kepala Liverpool U-18.

Baca Selengkapnya:  Mencapai Peringkat 1 Bola Voli Dunia

penjaga Glasgow
Pada tanggal 4 Mei 2018, tim Liga Utama Skotlandia Glasgow Rangers mengumumkan Gerrard sebagai pelatih baru. Pada 12 Juli 2018, Gerrard memulai pertandingan profesional pertama dalam karir kepelatihannya, ia menghadapi tim Makedonia Shugubi di kandang sendiri pada putaran pertama kualifikasi Liga Eropa UEFA dan menang 2-0.

Pada 7 Maret 2021, ia memimpin tim meraih rekor tak terkalahkan dengan 28 kemenangan, 4 kali seri, dan 88 poin, dengan keunggulan 20 poin atas rival lama kotanya Celtic, mengunci 6 pertandingan di Kejuaraan Liga Utama Skotlandia 2020-21. jadwal, pertama kalinya dalam 10 tahun raja.

vila aston
Pada 11 November 2021, tim Liga Inggris Aston Villa mengumumkan Gerrard akan menjadi pelatih kepala menggantikan Dean Smith yang dipecat beberapa hari lalu. Pada 20 Oktober 2022, Aston Villa mengumumkan bahwa pelatih kepala Gerrard akan mundur setelah kalah 0:3 dari Fulham di Liga Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • jalalive
  • okestream
  • jalalive com
  • jalalive 2
  • score808
  • yalla shoot
  • rbtv77
  • bolasiar